Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah Semoga Allah Mengampuni Dosa-Dosa kita

Rabu, 12 Mei 2010

Tips Belajar yang Menyenangkan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
 
 Belajar Asyik????
Yah pasti bisa donk!

Teman-teman kadang kita merasa belajar adalah hal yang membosankan sehingga kita menjadi malas belajar. agar kita suka belajar kita harus bisa menciptakan cara bagaimana belajar menjadi sesuatu yang mengasikkan yang pertama kita harus tau tips cara belajar yang paling cocok untuk kita.
 ternyata setiap orang memiliki karakter berbeda dari proses belajar. Jadi, coba simak dulu tips belajar orang menurut DePorter dan Hernacki adalah:

  1. Karakteristik perilau cara belajar auditorial. Ini ditandai ciri-ciri perilaku: belajarya mesti di tempat yang tenang sebab ia mudah terganggu oleh keributan, lebih senang mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada apa yang dilihat, jika membaca lebih senang membaca denagn suarea keras, berbicara fasih, berdiskusi dan menjelaskan sedetail-detailnya dan panjang deh.
  2. Karakteristik cara belajar kinestetik, ditandai ciri-ciri perilaku: kalau lagi ngobrol maunya dekat-dekat, belajar sambil praktek langsung atau memahami dan mengingat sesuatu dengan cara berjalan atau melihat langsung, menggunakan jari untuk menunjuk kata yang dibaca ketika membaca, banyak menggunakan bahasa tubuh, tidaka dapat duduk diam di suatu tempat, syulit membaca peta, menyukai kegiatan yang menyibukkan.
  3. Karakteristik belajar visual. Ditandai dengan ciri-ciri berdasarkan asosiasi visual, memiliki kemampuan mengeja huruf dengan sangat baik, belajar dimana aja ngak kenal yang namanya keributan atau suara berisik ketika sedang belajar, kutu buku, lebih suka membaca daripada dibacakan, maunya dijelaskan sejelas-jelasnya apa yang sedabg dibahas, lebih suka mendemonstrasikan sesuatu daripada mengatakanya didepan orang.
Nah, sudah jelas bukan??? Ehm, kamu tipe belajar yang bagaimana? Mungkin kamu memiliki tipe belajar lebih dari satu karakter?? Ah, itu tidak apa-apa. Yang penting kamu sudah tahu tipe belajar kamu bagaimana.
Karena kalian sudah tahu,tips kalian belajar seperti apa?! Coba baca lagi tips berikut ini.
Dalam belajar ada baiknya jika kalian,

  1. Niat, dimana-mana kalau kita emang udah niat mau belajar pasti hasilnya lebih memuaskan.,apalagi kalau kita niatkan belajar untuk mencari ridho Allah, pasti hasilnya memuaskan plus dapat pahala juga.
  2. Planning, coba yah tuk segala sesutu itu lebih teratur dengan adanya perencanaan. Agar waktu belajar kamu tidak pernah terganggu.
  3. Rajin membaca, menulis, mendengar dan menjelaskan. Coba saja deh, pasti hasilnya lebih lagi.. Karena dengan membaca dapat menambah pengetahuanmu, dengan menulis dapat mengatur kerja otakmu agar lebih terstruktur, dengan mendengar kamu dapat memilah dan menyeimbangkan mata dan telingamu. Sudah itu, bila sudah bisa ketiganya, coba jelaskan apa yang kamu pelajari kepada orang. Disamping hasil belajar kamu lebih memuaskan, kamu juga senang khan bisa mengajar orang lain?!coba aja deh mulailah dengan mengajari adik kita sebagai latihan untuk kita.
  4. Kejar ilmu bukan nilai. Kata guru kelas saya, sebenarnya ketika kalian ujian sebaiknya usahalah untuk mengerti. Bukan mencari-cari nilai yang tinggi. Buat apa bangga dengan hasil orang lain? dikemudian hari pasti kita bakal nyesel cuma cari-cari nilai aja kita sekolah.


Yuk belajar........... Mudah-mudahan kita dapat hasil yang lebih baik oke!..

1 komentar:

  1. assalamualaikum
    wah hebat banget jadi peng nih.... tetp berkreasi ya mas

    BalasHapus

Komentar yang di anggap spam akan di hapus secara permanent....

Terima kasih atas kunjungannya

Iklan